Tetap Energik Selama Puasa

Puasa atau tidak makan dan minum selama 12 jam di bulan Ramadan bukan berarti Anda tidak dapat beraktivitas seperti biasa. Selama menjalankan ibadah puasa, jumlah asupan makanan berbeda dengan energi yang dikeluarkan. Agar tak kehabisan energi selama menjalankan puasa ada beberapa kiat agar tubuh tetap fit selama berpuasa seperti dikutip dari Daffodil.

1. Niat
Motivasi atau niat menjalankan puasa ternyata berpengaruh pada kondisi tubuh melalui pusat pengatur di otak. Kadar asam lambung orang yang berniat puasa lebih rendah daripada orang yang kelaparan hingga lebih sanggup menahan lapar hingga saat berbuka.

2. Asup menu bergizi
Konsumsi menu bergizi saat sahur dan berbuka sebagai sumber energi di siang hari. Jangan lupa asupan karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral seimbang dalam setiap menu.

3. Makan sahur
Sahur berfungsi sebagai cadangan energi dalam aktivitas keseharian. Tidak sahur meningkatkan risiko terjadinya penurunan gula darah yang menyebabkan tubuh cepat lesu, loyo dan mudah marah.

4. Perbanyak minum air putih
Sejak berbuka hingga masuk sahur, banyak  minum air putih untuk mencegah dehidrasi. Ini memberi tubuh waktu untuk menampung dan mengonsentrasikan cairan tubuh bagi keperluan saat menjalankan puasa.

5. Hindari makanan dan minuman terlalu banyak gula
Makanan dan minuman yang terlalu manis memicu tubuh memproduksi insulin dan cepat menimbulkan rasa lapar, lemas dan lesu. Saat makan sahur, perbanyak protein dan serat yang bertahan lebih lama dibanding jenis makanan lainnya.

6. Segera berbuka puasa pada waktunya
Pada  saat berbuka awali makanan atau minuman hangat dan manis, seperti kolak atau kurma. Tetapi hindari minuman yang terlalu manis seperti soda atau minuman yang terlalu dingin karena akan membuat perut kembung. Setengah hingga satu jam kemudian, santap makanan secara bertahap agar tidak membebani pencernaan. Perbanyak buah dan sayuran.

7. Berolah raga ringan-sedang
Salah satu penyebab cepat lelah saat puasa adalah berolahraga di pagi hari. Namun, berolahraga ringan 1-2 jam sebelum berbuka meningkatkan vitalitas dan kebugaran.

8. Menjaga kebersihan gigi dan mulut
Saat menjalankan ibadah puasa, kegiatan makan dan minum di siang hari berhenti total. Sehingga, produksi kelenjar air liur berkurang dan mulut menjadi cepat asam dan berbau.

Karenanya, dianjurkan segera menggosok gigi sehabis makan sahur agar sisa-sisa makanan tidak membusuk di rongga mulut.

Selamat puasa!

AllSource

Bunny ♥

Lebih Baik Memaafkan

Saya (6 tahun) disuruh mandi sore, menolak, lari keluar dan main lagi.

Ada anak sebaya dari jauh melempari saya dengan batu. Satu, dua, tiga … tidak kena

Saya ambil batu, kalkulasi jarak, berat batu, dan sudut lempar.

Execute!

Batu melayang, trajectory bagus, takkk!

Hening sebentar … WuaAA!!

Ayahnya marah, ayah saya marah, saya dihukum keras.

MESKIPUN BERHAK MEMBALAS, LEBIH BAIK MEMAAFKAN.

Mario Teguh

its all about you

Kamu jauh tapi kamu selalu dekat dihatiku
Kamu biasa tapi kamu membuat hatiku luar biasa
Kamu tidak cukup menarik tapi kamu selalu bisa membuat mataku menarik
Kamu bukan malaikat tapi kamu selalu menjadi malaikat pelindungku

Kamu pernah membuatku menangis,tapi selalu bisa membuatku untuk tertawa lagi
Kamu merupakan jalan keluar yang terbaik untuk hidupku
Kamu membawa sedikit cahaya lilin di gelapku
Kamu memberikan nasehat terbaik untukku

Jangan pernah pergi
Jangan pernah berlalu dari pandanganku
Jangan pernah pergi membawa cahayamu
Jangan pernah bosan untuk memberiku nasehat

Kita bisa melaui semua rintangan ini
Kita bisa menjalani kehidupan yang sulit ini
Kita bisa selalu bergandengan tangan
Kita pasti bisa menciptakan kebahagiaan bersama

I Love you

Nasehat…

Dapet bbm dari temen nih isinya bagus banget menurutku,
Semoga bermanfaat…. 😉
‎​‎​

Seorang nenek yg sedang menulis surat menasihati cucunya:

“Nenek harap km bakal spt pensil ini ketika km besar nanti. Pensil ini mempunyai 5 kualitas yg bisa membuatmu selalu tenang dlm menjalani hidup, kalau km selalu memegang prinsip-prinsip itu di dlm hidup ini.”

Si nenek kemudian menjelaskan 5 kualitas dari sebuah pensil.

“Kualitas pertama, pensil mengingatkan km kalau km bisa berbuat hal yg hebat dalam hidup ini. Layaknya sebuah pensil ketika menulis, km jangan pernah lupa kalau ada tangan yang selalu membimbing langkahmu dlm hidup ini. Kita menyebutnya tangan Tuhan, Dia akan selalu membimbing kita menurut kehendakNya.”

“Kualitas kedua, dalam proses menulis, nenek kadang beberapa kali harus berhenti dan menggunakan rautan utk menajamkan kembali pensil nenek. Rautan ini pasti akan membuat si pensil menderita. Tapi setelah proses meraut selesai, si pensil akan mendapatkan ketajamannya kembali. Begitu juga dengan kamu, dalam hidup ini kamu harus berani menerima penderitaan dan kesusahan, karena merekalah yg akan membuatmu menjadi orang yang lebih baik.”

“Kualitas ketiga, pensil selalu memberikan kita kesempatan untuk mempergunakan penghapus, untuk memperbaiki kata-kata yang salah. Oleh karena itu memperbaiki kesalahan kita dlm hidup ini, bukanlah hal yang jelek. Itu bisa membantu kita untuk tetap berada pada jalan yang benar.”

“Kualitas keempat, bagian yang paling penting dari sebuah pensil bukanlah bagian luarnya, melainkan arang yang ada di dlm sebuah pensil. Oleh sebab itu, selalulah menyadari hal-hal di dalam dirimu. Instropeksi diri & jgn menyalahkan org lain terlebih dahulu.”

“Kualitas kelima, sebuah pensil selalu meninggalkan tanda/goresan. Spt juga km, km harus sadar kalau apapun yg km perbuat dalam hidup ini akan meninggalkan kesan. Oleh karena itu selalulah hati-hati dan sadar terhadap semua tindakan agar tdk menyakiti org lain.”:)

Bunny ♥

Doa ku

Tuhan…
Engkau maha pengampun
Engkau maha sempurna dan maha tau
Engkau maha penyayang semua umat
Engkau maha segala-galanya,

Tuhan…
Bantu aku mengatasi masalah
Bantu aku mengatasi rasa kesepian dan ketakutan
Bantu aku mengatasi rasa marah dan kesal
Bantu aku memiliki orang yang aku cintai

Tuhan…
Jadikanlah aku orang yang penuh kasih
Jadikanlah aku orang yang penyabar
Jadikanlah aku orang yang berguna
Dan jadikanlah aku orang yang shaleh

Tuhan…
Beri aku kekuatan
Beri aku ketabahan
Beri aku kebijaksanaan
Dan beri aku kesehatan

Tuhan…
Aku menyerahkan hidupku
Aku mengikhlaskan jalan hidupku
Aku merelakan masa depanku
Dan aku menyerahkan segalanya padaMU

Tuhan…
Bila hidupku ini akan berguna untukku dan agamaku maka tangguhkanlah kematian ku,
Dan apabila mati ku lebih baik daripadanya,maka mudahkan lah kematianku…
Sesungguhnya Engkau maha mengetahui apa yang terbaik untukku.

Amin…

Bunny ♥

Keluarga????

Seberapa pentingkah yang namanya keluarga, mungkin ketika seseorang dihadapkan dengan permasalahan yang besar mereka akan kembali ke keluarganya.
tapi bagaimana dengan orang yang memiliki keluarga tapi seakan-akan ia tidak memilikinya ?

2hari yang lalu aku merayakan hari lahir ku, tapi tebak…seorang ibu yang melahirkan ku tidak sedikitpun ingat hari lahirku, dimana beliau telah mengandung ku selama sembilan bulan dan melahirkan sampai mempertaruhkan nyawanya demi menyelamatkanku, tapi kenyataan nya DIA LUPA.

Apa aku berhak marah?
Apa aku berhak untuk mengeluh?
Apa aku juga berhak untuk bersedih?
Apa ini sudah kehendak-NYA?

Ketika aku dihadapkan dengan berbagai macam masalah dalam hidup, keluarga ku bukan orang pertama yang aku cari…
Ketika aku bersedih bukan juga mereka yang dapat menghiburku…

Mungkin aku harus lebih bersabar..ketika aku kehilangan sesuatu aku harus yakin akan ada penggantinya yang jauh lebih baik lagi, aku tidak memilikimu moms tapi aku memiliki darah keturunan mu,
Aku hampir tidak pernah mengenalmu, tidak tau bau harummu, tidak pernah memelukmu, tapi aku yakin jauh dilubuk hatimu kau mencintaiku sama seperti aku mencintaimu.

Sendiri


Sendirian di pagi hari ketika aku terbangun
Sendiri diwaktu aku duduk dan menatap langit
Sendiri aku berfikir untuk mencari jalan keluar
Sendiri ketika aku menangis tapi tidak ada yang mendengar

Sendiri ketika aku berdoa untuk orang yang aku cintai
Sendiri ketika aku mencoba untuk memahami “KENAPA?”
Sendiri dalam kegelapan hidup
Sendiri aku dalam ketakutan

Sendiri menjadi yang tidak diingankan
Sendiri ketika aku ingin menjadi orang lain
Sendiri dalam berbagi rahasia
Sendiri aku dalam mendengarkan nyanyian alam
Sendiri aku menonton kisah hidup yang kelam

Sendiri aku menjalani hidup yang penuh badai
Sendiri aku berharap untuk hal-hal yang baik datang menghampiri
Sendiri aku berharap hal yang buruk untuk segera menjauh
Sendiri ketika aku bertanya-tanya apakah ini hidupku,dan bagaimana aku akan bisa bertahan.

Bunny ♥

Apakah Kalian Tau??

Apakah kalian tahu bahwa mereka yang tampaknya sangat kuat hati, dalam kenyataanya adalah orang yang lemah dan paling rentan?

Apakah kalian tahu bahwa mereka yang menghabiskan waktu mereka melindungi orang lain adalah orang-orang yang benar-benar membutuhkan seseorang untuk melindungi mereka?

Apakah kalian tahu bahwa tiga hal yang paling sulit untuk dikatakan adalah:

•Aku cinta kamu

•Aku menyesal

•Bantu aku

Apakah kalian tahu bahwa mereka yang sering terlihat berpakaian merah lebih yakin di dalam kehidupan mereka?

Tahukah kalian bahwa orang-orang yang berpakaian kuning adalah mereka yang menikmati keindahan hidup mereka?

Apakah kalian tahu bahwa mereka yang selalu berpakaian hitam, adalah mereka yang ingin diperhatikan dan butuh bantuan dan pengertian kalian?

Tahukah kalian bahwa ketika kalian membantu orang,mereka akan membantu kalian dua kali lipat?

Apakah kalian tahu bahwa lebih mudah untuk mengatakan apa yang kalian rasakan secara tertulis daripada mengatakan kepada seseorang di hadapan mereka langsung?

Tapi apakah kalian tahu bahwa itu memiliki nilai yang lebih bila kalian mengatakan itu hadapan mereka secara langsung?

Apakah kalian tahu bahwa jika kalian meminta sesuatu dalam iman, keinginan kalian akan dikabulkan?

Tahukah kalian bahwa kalian dapat membuat impian kalian menjadi kenyataan, seperti jatuh cinta, menjadi kaya, selalu sehat, jika kalian memintanya dengan iman, dan jika kalian benar-benar tahu, kalian akan terkejut dengan apa yang bisa kalian dilakukan.

Tapi jangan percaya semua yang saya katakan, sampai kalian mencobanya sendiri, jika kalian tahu seseorang yang membutuhkan sesuatu yang saya sebutkan, dan kalian tahu bahwa kalian dapat membantu, kalian akan melihat bahwa itu akan dikembalikan dalam dua kali lipat.

Semua tergantung kita semua, akan seperti apakah kita hidup.

Bunny ♥

Kenangan Yang Hilang

Kangen saat liburan bareng keluarga
Kangen saat ngumpul bareng orang tua
Kangen saat semuanya terlihat baik-baik saja
Kangen saat semuanya terlihat saling mencintai

kapan aku bisa merasakan lagi..
kapan aku bisa melihat keluarga ku seperti itu lagi..
kapan aku melihat mereka bergandengan tangan mesra..
kapan aku bisa bercanda dengan saudaraku lagi..

Semua seperti cepat berlalu
Waktu berputar dua kali lebih cepat ketika aku bahagia
Dan seakan-akan tidak pernah rela untuk memperlambat semenit pun
Sekedar aku bisa menikmati semuanya

Semoga aku bisa menciptakan sebuah keluarga yang utuh
Aku tidak ingin kehilangan kenangan lagi
Dimana didalamnya aku,kamu,dan mereka
Bahagia menikmati masa tua
Bahagia bersama dalam duka atau pun suka

Complicated Women

Hay…hay…hay
Pa kabarnya? Mudah-mudahan liburan kali ini nyenenin ya… 😉
Kalo gw si ga kemana-mana berhubung lagi nge-drop badan nya, tapi harus tetep semangat dong ah (padahal dah nangis kejer).
Oh ya nemu artikel bagus pas kemaren-kemaren browsing, cuma sayangnya gw lupa link nya, hehe (penyakit tua).

Judulnya “rumit nya pemikiran wanita”

Awalnya tertarik karena judul nya, sempet kesel juga karena judul nya terkesan memojokan kaum wanita, tapi setelah gw baca ternyata bagus isinya, gw coba inget-inget lagi deh isinya…

♥ BUKU HARIAN ISTERI

Minggu Malam – Dia bertingkah aneh. Sebelumnya kami berjanji bertemu di Cafe. Aku shopping seharian dgn teman-teman, sehingga mungkin dia kesal karena aku agak telat sampai di Cafe, tapi dia tak berkomentar. Ngobrolnya nggak nyambung, jadi aku usul kita pergi ketempat yang agak sepi supaya ngobrolnya lebih enak, dia setuju tapi tetap diam dan berjarak.
Aku tanyakan apa yang salah – dia jawab, “Tak ada”.
Aku tanyakan apakah kesalahan ku yang membuatnya kesal. Dia bilang hal ini tak ada kaitannya dengan ku dan minta aku nggak usah khawatir.

Dalam perjalanan pulang, ku bilang aku mencintainya, dia cuma tersenyum tipis dan tetap menyetir. Aku tak bisa menjelaskan perangainya sore itu. Aku tak habis pikir kenapa dia tak menjawab, “aku cinta kamu juga”.

Sesampainya dirumah, aku merasa kehilangan dia, dan seolah-olah dia tak menghendaki ku lagi. Dia hanya duduk dan nonton depan TV; dia terlihat jauh dan menghilang. Akhirnya aku putuskan untuk tidur. Sekitar 10 menit kemudian, dia menyusul ke kamar. Aku nggak tahan lagi, kuputuskan untuk menghadapinya dan menanyakan soal sebenarnya! tapi dia langsung tertidur.

Aku mulai menangis sampai tertidur. Aku tak tahu apa yang harus ku lakukan. Aku yakin pikirannya sama cewek lain. Hidupku serasa kiamat…

♥ BUKU HARIAN SUAMI

Hari ini KESEBELASAN BRASIL kalah.

SIALAAAN….

*milis aja deh sumbernya ;)*

Emang rumit ya fikiran wanita, meskipun kadang kita berusaha untuk tidak terlalu memikirkan sesuatu tentang *apa yang salah* dengan pasangan kita, tapi tetap tidak akan pernah sepenuhnya kita bisa…
Tapi kita harus berusaha loh, biar pasangan kita juga nyaman bareng kita…belajar memahami situasi…dan Komunikasi yang terpenting….!!!

C’mon gals WE CAN…..!!!

Bunny ♥

Previous Older Entries

tweetme